Jum’at , 19 September 2014 Kami (23 orang ; 11 peserta dan 12 pendamping) berangkat dari kampus FKH UGM menuju Basecamp Gunung Lawu di Cemara Sewu pukul 20.00 WIB. Dalam perjalanan menuju kesana, truk yang Kami tumpangi mengalami kerusakan.  Akibatnya, Kami harus berhenti untuk menunggu perbaikan. Setelah perbaikan selesai Kami langsung melanjutkan perjalanan dan tiba di basecamp sekitar pukul 05.00 WIB. Kami istirahat sejenak dan melakukan ibadah sholat.

Kami start dari basecamp untuk memulai pendakian pada pukul 05.30 WIB. Indahnya matahari yang terbit dari arah Timur menemani Kami diperjalanan. Namun apa daya, urusan perut sudah tidak bisa diajak kompromi. Lapar. Setibanya di Pos 1, Kami pun segera bergegas untuk menyiapkan makan pagi. Setelah selesai makan, jarum jam pun sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB dan Kami harus melanjutkan perjalanan. Tak terasa, akhirnya Kami tiba di Pos 2. Sembari istirahat, menu kopi hangat dan snack menjadi menu penambah energi Kami. Perjalanan berlanjut ke Pos 3 dan Kami tiba sekitar pukul 13.30 WIB. Setelah beristirahat ± 15 menit, Kami melanjutkan perjalanan ke Pos 4. Panas terik matahari tidak menjatuhkan  semangat Kami untuk melalui pos demi pos dan jalur pendakian yang terjal. Akhirnya Kami tiba di Pos 4 pukul 15.30 WIB untuk istirahat sebelum lanjut ke Pos 5. Sekitar pukul 17.00 WIB, Kami tiba di Pos 5 dan segera mendirikan dome sebagai tempat beristirahat hingga esok hari. Gelap pun datang dan cuaca sudah makin dingin. Setelah makan malam Kamipun langsung istirahat.

Pukul 04.30 WIB, matahari sudah mulai terbit. Kami bangun untuk menikmati indahnya cahaya matahari menembus lapisan bumi di pagi hari sunrise dari Pos 5. Setelah itu, Kami pun sarapan dan segera packing untuk melanjutkan perjalanan menuju Warung Mbok Iyem. Setibanya disana,  Kami beristirahat sejenak sebelum melangkahkan kaki  menuju puncak Gunung Lawu. Akhirnya, Kami tiba di puncak Lawu sekitar pukul 10.30 WIB. Semua orang tampak senang dan bahagia setelah berada pada ketinggian 3.265 mdpl dan menyaksikan indahnya seluruh titipan Illahi dari puncak Gunung Lawu. Tak terasa, sudah setengah jam berlalu setelah Kami berada di puncak, Kami pun harus kembali turun ke Warung Mbok Iyem. Pada pukul 11.30 WIB, Kami pun memutuskan untuk turun dari Warung Mbok Iyem menuju basecamp Gunung Lawu di Cemara Kandang. Setelah menempuh perjalanan ±7 jam, akhirnya Kami tiba di basecamp lanjut istirahat dan sholat. Sembari menunggu jemputan truk dari jogja datang, Kami menyempatkan diri untuk makan malam di warung. Sekitar pukul 19.00 WIB, truk datang dan Kami pun kembali ke Jokja. Rasa lelah,ngantuk, senang, dan bahagia menemani perjalanan Kami di truk dari Cemara Kandang  hingga ke Jokja dan akhirnya Kami pun tiba di kampus FKH UGM sekitar pukul 22.15 WIB.

Sungguh perjalanan yang luar biasa menyenangkan.