Pada akhir tahun 2015, tepatnya tanggal 18-20 Desember 2015 vetpagama mengadakan kegiatan bersih gunung di Gunung Prau,  Dieng,  Wonosobo, Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2565 Mdpl dengan jumlah tim 15 Orang. Gunung Prau dipilih sebagai lokasi bersih gunung karena keadaan gunung yang relatif kotor dan sebagian besar pendaki adalah penikmat alam yang kurang peduli dengan keadaan lingkungan. Selain melakukan pembersihan sampah yang ada di gunung,  vetpagama juga melakukan pembagian pin dan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan gunung kepada pendaki yang berada di Gunung Prau.

Bersih gunung dimulai dengan berangkat secara bersamaan dari kandang semoet menuju base camp Gunung Prau dengan menggunakan 1 mobil pick up dan 2 sepeda motor pada hari jumat malam. Sampai di Gunung Prau,  tim dibagi menjadi 4 tim yaitu tim base camp patak banteng,  base camp kalilembu,  base camp dieng wetan, dan base camp dwarawati. Pagi harinya setiap tim langsung menuju puncak yang memerlukan waktu kurang lebih 3,5 jam untuk melakukan pemasangan plang, kecuali tim patak banteng yang melakukan pemasangan plang di sunrise camp. Selesai pemasangan plang seluruh tim bertemu untuk mendirikan camp yang berlokasi di punggungan dekat dengan puncak. Sore hari kami melakukan pembersihan di area camp,  puncak, dan lembah sebelah tempat camp selama 2 jam,  dari hasil pembersihan di dapat beberapa tas plastik besar sampah.

Tim Bersih Gunung Prau VETPAGAMA

Tim Bersih Gunung Prau VETPAGAMA

Hari ketiga dilakukan pembersihan semua jalur yang dilakukan oleh masing-masing tim. Pembersihan jalur terkendala oleh sampah yang dibuang pendaki ke sisi jurang,  sehingga memerlukan tali untuk bisa mengambil sampah yang ada. Setiap sampah yang berada dijalur kami ambil untuk memastikan Gunung Prau lebih bersih dari sebelumnya. Sampai di base camp sekitar pukul 14.00 WIB kami melakukan penyerahan spanduk kampanye kebersihan lingkungan kepada base camp yang diharapkan akan menyadarkan pendaki akan pentingnya menjaga kebersihan gunung dan tidak membuang sampah sembarangan.

Perjalanan kembali ke Jogja sempat terhambat karena terjadi insiden mobil pick up yang membawa rombongan menyenggol motor hingga jatuh sehingga kami harus mengantar terlebih dahulu korban ke rumah sakit terdekat. Sekitar pukul 22.00 kami telah sampai kembali ke kandang semoet dengan selamat.

Pemasangan Plang di Puncak Gunung Prau

Pemasangan Plang di Puncak Gunung Prau

Categories: Artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.