Pelatihan anggota VETPAGAMA yang pertama mengenai rafting telah dilaksanakan pada 25-26 Maret 2016. Pelatihan ini ditujukan untuk semua anggota aktif  VETPAGAMA untuk mengasah dan menambah keterampilan. Ada 2 tahap pelatihan, tahap pertama adalah pembekalan materi dan yang kedua adalah praktek lapangan. Pembekalan materi dilakukan di dalam kampus sedangkan praktek lapangan dilakukan di Sungai Elo.

Pembekalan secara teori diberi selama 2 hari, hari pertama kami diberi materi dasar mengenai morfologi sungai dan komunikasi saat rafting. Materi morfologi yang diberikan  mencakup bentukan-bentukan yang ada di sungai  seperti pillow, stopper, strainner dan arus seperti mainstream, eddies serta standing wave. Di hari kedua kami diberi materi skipper.

Pelatihan langsung  ke lapangan dimulai hari Jumat 25 Maret 2016 . Kami berangkat dari Kandang Semoet (sekretariat UKM FKH UGM) pukul 19.00 WIB akan tetapi baru saja jalan hujan yang cukup lebat turun segera semuanya mengenakan jas hujan dan menuju Sami Asih untuk makan dulu. Setelah makan kami kira hujan berhenti, ternyata baru sebentar jalan sampai di pom bensin hujan kembali turun dengan intensitas yang lebih tinggi dari sebelumnya. Walaupun demikian kami berhasil mencapai tempat tujuan dengan selamat sekitar pukul 21.20 WIB.

Keesokan harinya kami sarapan dulu sebelum memulai kegiatan pada pukul 06.10 WIB. Setelah sarapan kami bersiap untuk memulai kegiatan peralatan safety berupa helm, pelampung, flip line dan sepatu kami kenakan seperti semboyan yang sering kita dengar “Safety First!” setiap anggota juga bertanggung jawab akan dayung masing-masing. Pemanasan tidak lupa kami lakukan, 07.45 kami  turun ke sungai dan renang jeram mengawali petualangan kami di sungai. Debit air yang cukup tinggi membuat berenang di sungai semakin menantang.

Latihan flip-flop dan mendayung juga kami lakukan, tapi dalam pelatihan ini lebih difokuskan pada pelatihan skipper. Kami menggunakan dua perahu dan melakukan 2 trip sehingga setiap anggota mendapat kesempatan untuk melakukan latihan skipper. Skipper merupakan orang yang mengendalikan kapal, bila kalian melakukan fun rafting dan ada pendamping kalian yang duduk sendiri di belakang dialah yang disebut sebagai skipper. Sangatlah penting bagi seorang skipper untuk dapat membaca morfologi sungai dengan tepat dan menentukan jalur yang akan dilalui perahu dalam waktu singkat. Selain dalam fun rafting bila kalian ingin memetakan sungai yang belum pernah diarungi keberadaan skipper yang handal juga diperlukan.

Ternyata tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi anggota yang berlatih sebagai skipper mulai dari mengontrol tenaga yang digunakan (terlalu kuat perahu berbelok kelebihan, terlalu pelan terlambat belok), cara memasukkan perahu ke dalam jeram dalam posisi yang sesuai,  sampai menjalankan perahu dengan lurus di arus tenang. Semuanya memerlukan latihan yang cukup dan serius.

Pada pukul 11.35 WIB kami mencapai rest area. Air kelapa muda dan biskuit paduan yang cocok untuk dinikmati saat beristirahat dengan cuaca yang terik waktu itu. Kami berada di rest area sekitar 1 jam dan kemudian meanjutkan perjalanan hingga mencapai finish pada pukul 13.35 WIB. Segera kami memanggil jemputan  untuk kembali ke start. Sampai di sini ada yang langsung menuju kamar mandi mengguyur badan dengan air dulu untuk sedikit menyegarkan diri.

Trip kedua dimulai pukul 14:24 WIB akan tetapi pada pengarungan kali ini salah seorang teman kami tidak mengikuti karena alasan terlalu capai dan jaga kondisi setelah sembuh dari sakit. Pengarungan kedua berlangsung lebih cepat, kami juga tidak lama berhenti di rest area. Saat di rest area  kami bertemu dengan MAPALA dari universitas lain. Anggota yang ikut di pengarungan kedua juga berganti-gantian berlatih sebagai seorang skipper.  Pada pukul 17.35 WIB kami mencapai finish. Kami segera kembali ke start, badan anggota banyak yang sudah gatal-gatal  menyebabkan kamar mandi langsung diserbu oleh peserta pelatihan. Setelah makan dan berbenah semua akhirnya siap untuk kembali ke rumah, kami tiba kembali di FKH pada pukul 20.58 WIB.