Do You Know?

Rekomendasi pengadaan Hari Air Sedunia pertama kali muncul  pada 22 Desember 1992 di Rio de Jenairo, Brasil dalam  Sidang umu PBB ke-47 perihal lingkungan dan pembangunan (United Nations Conference on Environment and Development (UNCED)). Majelis Umum PBB merespon melalui resolusi Nomor 147/1993 yang menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama Hari Air Sedunia.

Tema untuk Hari Air Sedunia disesuaikan dengan isu sumber daya air yang dianggap perlu mendapat perhatian masyarakat dunia sehingga setiap tahunnya kita merayakan Hari Air Sedunia dengan tema yang berbeda-beda. Nah, tema untuk tahun 2017 adalah…….

“Wastewater”

Wastewater memiliki arti Air Limbah. Jadi pertanyaannya adalah

   Why waste water?”

Akibat dari pertumbuhan populasi, urbanisasi yang semakin cepat dan perkembangan ekonomi, jumlah air limbah yang dihasilkan dan rata-rata polusi yang disebabkan juga meningkat secara global. Meskipun permintaan akan kebutuhan air terus meningkat pengolahan kembali air limbah tidak berjalan dengan kecepatan yang sama.

Ada banyak cara untuk memproses air limbah sehingga dapat digunakan kembali untuk memenuhi permintaan kebutuhan air masyarakat, meningkatkan produksi energi, agrikultur dan pengembangan industri. Oleh karena itu, “Mengapa menyiakan-nyiakan air?”. Hehehe sudah sadar dengan permainan kata-kata ini?

Ayo, kita manfaatkan air dengan sebaik-baiknya. Saat belum bisa mendaur ulang kita dapat memulai dengan menghemat. Mulai dari hal-hal sederhana seperti mematikan keran yang tidak digunakan saat menggosok gigi atau menggunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman.

Menghemat air = menyelamatkan lingkungan

“Let’s save The Nature”


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.